NASIONALISME VS PRIMORDIALISME

Mari kita simak fakta kehidupan berbangsa dan bernegara kita.

Kenapa kita masih terkotak-kotak dalam ikatan PRIMORDIALISME (Suku, Agama, Rasial dan Antar Golongan) kita tahu bahwa Tuhan menciptakan kita dalam perbedaan bukan untuk saling dipertentangkan atau untuk saling menaklukkan akan tetapi untuk saling mengenal dan isi-mengisi akan kekurangan kita masing-masing guna membangun hidup yang bermartabat, damai dan sejahtera secara bersama.

Kita tanpa sadar dalam sepak terjang kita baik sebagai politikus atau sebagai apa saja, terjebak dalam ikatan primordialisme bahkan tanpa sadar memainkan politik primordialisme, sehingga tidak heran terjadi bentrok dimana-mana akibat primordialisme yang kaku dan sempit.

Primordialisme adalah fakta historis yang tidak terelakkan, dibutuhkan kedewasaan untuk bisa menjadikannya sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua yang hidup bersama dalam berbangsa dan bernegara.

Nasionalisme adalah faham yang telah berhasil menjadikan primordialisme menjadi suatu kekuatan besar dalam hidup berbangsa dan bernegara. Sehingga diperlukan suatu ajaran kebangsaan yang ditanamkan kepada seluruh anak bangsa Indonesia melalui pendidikan baik formal maupun informal.

Ada baiknya para elite politik kita sebelum menjadi legislator di DPR/DPRD atau menjadi Pejabat Publik di posisi manapun itu, terlebih dahulu ditatar di Lembaga Pertahanan Nasional (LEMHANAS) sehingga mereka para elite benar2 mengenal apa itu Wawasan Nusantara Negara Indonesia, apa itu Bhineka Tunggal Ika yang perlu dipertahankan dan diperjuangkan serta menjadi prioritas tinggi dari seluruh kepentingan nasional yang sedang diperjuangkannya baik di PARPOL, di PARLEMEN atau di
PEMERINTAHAN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s