Tips Mengatasi Depresi

Posted by admin on 7 July, 2010

No comments yet
This item was filled under [ Kesehatan ]

Pernahkah anda merasa sedih, kecewa ? Bila jawabannya pernah, itu merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap individu. Sebagian besar perasaan sedih dan kecewa hanya bersifat sementara dan dapat dimengerti. Namun bagaimana bila perasaan sedih terjadi secara berkepanjangan dan berlarut-larut. Kondisi yang demikian dikenal dengan istilah depresi.
Depresi merupakan perasaan sehari-hari yang menyertai kesedihan yang dibesar-besarkan secara terus-menerus. Depresi adalah gangguan suasana hati yang bervariasi dalam berat ringannya dan pengaruhnya terhadap beberapa orang juga berapa lama hal itu bertahan, yang seringkali kambuh dan dihubungkan dengan sejumlah besar gejala mental dan fisik yang berbeda.
Gejala khas dari depresi yaitu perasaan kecewa, sedih, dan tidak bahagia tanpa alasan yang jelas, tidur terganggu/bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur kembali, nafsu makan berkurang sehingga berpengaruh pada turunnya berat badan, sebagian penderita ada yang mengalami kesulitan untuk buang air besar, merasa tubuhnya tidak fit, tidak sanggup menghadapi kenyataan hidup, cepat lelah, tidak merasakan kegembiraan, tidak ada minat untuk melakukan aktivitas, hubungan seks menurun, enggan memperhatikan penampilan sehari-hari, cenderung berperilaku merusak diri sendiri secara tidak langsung yang meliputi penyalahgunaan alkohol, nikotin, narkotika, atau obat-obatan lainnya, mempunyai pikiran ingin bunuh diri, dan lain-lain.
Perasaan tegang dan cemas semakin membuat penderita mudah tersinggung bahkan terkadang berkembang menjadi kemarahan. Depresi terkadang membuat seseorang merasa gelisah, tidak bisa diam atau tidak bisa menerima sesuatu kenyataan yang terjadi.
Depresi terbagi atas beberapa bagian yaitu ringan, sedang hingga yang berat. Bentuk yang lebih ringan disebut ‘neurotik’ atau depresi ‘reaktif’, sedangkan yang lebih berat disebut sebagai depresi ‘psikotik’ atau ‘endogenus’. Pada depresi reaktif, biasanya disebabkan oleh faktor luar seperti stress karena kehilangan seseorang yang dicintainya, kehilangan sesuatu yang sangat berharga, atau kehilangan pekerjaan, dan lain-lain. Sedangkan pada depresi endogenus terjadi tanpa dipengaruhi oleh faktor luar bahkan sebagian penderita penyebabnya tidak jelas diketahui. Selain faktor psikis, depresi dapat juga dipengaruhi oleh faktor fisik seperti; infeksi, anemia, penyakit gangguan saraf, penyakit ganas seperti kanker, gangguan endokrin, gangguan ginjal, efek samping penggunaan obat-obatan kimia, dan sebagainya. Ada dua cara utama yang memungkinkan untuk melepaskan diri dari depresi. Pertama, usahakan untuk tidak mengekang diri sendiri dari segala masalah yang ada, berusaha melepaskan diri dari segala hal yang memicu terjadinya stress. Ubahlah pola hidup maupun pola prilaku. Kedua dengan mencoba beberapa metode untuk melawan gejala depresi. Pada dasarnya depresi pada tingkat ringan akan berlalu dengan sendirinya, hanya saja kita tidak mengetahui hingga berapa lama depresi itu akan berlangsung, mungkin beberapa minggu atau bertahun-tahun. Adapun tujuan dari pengobatan tentu saja untuk membantu mempercepat proses penyembuhan secara alamiah.
Tips sehat bagi penderita depresi :
• Mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa
• Menerapkan pola hidup, pola pikir, pola makan, pola nilai yang sehat
• Hindari pengkonsumsian makanan secara berlebihan.
• Hindari kelebihan berat badan untuk mengurangi atau mencegah resiko berkembangnya penyakit yang berhubungan dengan makanan seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan sebagainya.
• Perbanyak pengkonsumsian makanan yang mengandung serat seperti memperbanyak mengkonsumsi gandum, buah dan sayuran segar, serta mengurangi gula dan garam.
• Kurangi makanan berlemak terutama yang mengandung lemak tak jenuh dan kolesterol.
• Hindari minuman yang mengandung alkohol maupun kafein.
• Hindari hal-hal yang dapat mempengaruhi sulit tidur.
• Berpikir positif, dan hindari perasaan sedih atau pikiran kusut, rasa cemas, tegang, bingung, gelisah.
• Olahraga secara teratur dan terukur sesuai kondisi tubuh.
Terapi alamiah dengan pemanfaatan tumbuhan obat untuk mengatasi depresi :
• 20 butir biji teratai, direndam dahulu hingga lembut + 10 butir angco direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat, bahan tersebut dapat dimakan.
• 10 gram kim cim + 10 buah daging buah lengkeng kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
• 15 gram pahap (umbi bunga lili kering) + 10 gram kim cim direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
Jika depresi disertai sulit tidur dapat menggunakan :
• 1 – 2 buah pisang dipotong + 2 sendok makan havermuth + 1 gelas susu encer segar + madu atau gula merah secukupnya direbus dengan air secukupnya hingga mendidih atau seperti membuat kolak, lalu dimakan.
• Hindari pengkonsumsian alkohol, kopi, teh hijau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s