Manfaat Asem Jawa

Posted on Februari 9, 2008 by assajjad

Nama latinnya adalah Tamarindus Indica L. walaupun pohonnya tinggi, daunnya yang bersirip genap itu kecil-kecil. Pohon asam atau asam jawa sering di tanam di tepian jalan di dataran rendah. Daging buahnya asam sedap. Kulit buahnya cokelat, daging buahnya saat muda berwarna putih kehijauan dan sesudah tua menjadi coklat. Daging buah itu bisa dipakai untuk mengasamkan makanan, dibuat sirup, bahkan bisa untuk membersihkan barang-barang logam yang warnanya berubah kehitaman.

Daging buah yang sudah tua kadang-kadang diolah supaya tahan lama. Karena warnanya menjadi kehitam-hitaman kadang disebut juga asam kawak.

Asam jawa berasal dari suku : Caesalpiniaceae

Kandungan dan manfaat : daging buahnya mengandung bermacam-macam asam (asam tatrat, asam malat, asam sitrat, asam suknisat, asam asenat) yang memudahkan buah air besar. Juga bias melancarkan peredaran darah dan mendinginkan. Sedangkan daunnya berkhasiat memperlancar buang air besar dan menghilangkan rasa sakit, karena mengandung flavonoid, juga bersifat anti radang. Ia juga membantu mengeluarkan keringat.

Kegunaan :

1. Untuk mengobati bisul:

Asam kawak (daging buah asam jawa matang yang sudah diolah dan warnanya hitam bukan coklat) sebesar telur burung puyuh direndam dalam air 1 gelas sehingga mengembang, 5 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris, gula aren untuk pemanis. Semua didihkan sehingga airnya tinggal setengah. Diminum 1x sehari sampai sembuh.

Untuk ditempelkan : Asam kawak sebesar telur puyuh, sedikit garam dan sedikit minyak dicampur dan dilumatkan. Tempelkan ke bisul.

2. Untuk mengobati jerawat:

12 helai daun sambiloto, 10 iris temulawak, kencur 5 cm, 1 sendok teh adas (foeniculum vulgare mill atau fennel atau venkel), 10 helai daun jintan, semua dicuci. Lumatkan dengan asam kawak sebesar telur puyuh. Beri 1 ½ gelas air, saring dan ampasnya diperas dengan kain. Minum 3x sehari.

Untuk obat luarnya: asam jawa diberi air bersih, diremas-remas, disaring dan airnya dipakai untuk mencuci muka saat akan tidur malam.

3. Untuk mengobati sariawan:

1 cangkir daun asam muda, sepotong kunyit 5 cm, semua dicuci, kunyit diiris. Rebus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Supaya rasanya enak boleh ditambah gula aren saat direbus, kemudian disaring, minum pagi dan sore.Ulangi sampai beberapa hari.

4. Untuk mengobati campak:

1 gelas daun asam, 3 rimpang kunyit segar yang dicuci, diiris, sedikit garam dan gula aren. Semua direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum pagi dan sore.

5. Untuk mengobati borok:

Biji-biji asam dicuci, dikupas, dilumatkan, tempelkan pada borok. (cobain aje, kali aje borok Nt bae).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s