Tips Atasi Putus asa

Setiap manusia hidup didunia mempunyai berbagai masalah yang berbeda-beda yang tidak bisa dihindari. Dengan berbagai masalah yang dihadapi manusia akan membuat manusia sukses dan tangguh.
Sebagai contoh Fred smith pemilik FEDEX [Federal Express] sebuah perusahaan jasa pengiriman barang internasional yang terkemuka, tidak begitu saja langsung sukses, tetapi juga mengalami berbagai proses kebangkrutan dan putus asa, akan tetapi karena kepandaiannya mengelola masalah maka ushanya tetap eksis dan semakin jaya.

Setiap masalah yang membuat kita tersenyum, kening berkerut bukannya dihindari tetapi harus dihadapi. Berikut ada beberapa langkah untuk menghadapi putus asa :
1. Jangan berkeringat dalam menghadapi hal-hal kecil. Kita tidak perlu cemas dan kawatir terhadap masalah kecil, anggaplah sebagai gemblengan, pelajaran, atau ujian untuk kita mencapai ketingkat yang lebih tinggi.
2. Ingatlah semua masalah besar adalah hal-hal kecil. Masalah-masalah yang kita hadapi jauh lebih kecil daripada karunia Tuhan yang telah kita terima.
3. Fahami badai pasti berlalu. Setiap ada kesulitan pasti ada kebahagiaan, setiap ada masalah pasti ada jalan keluarnya. Seberat apapun masalah yang kita hadapi sifatnya netral dan Tuhan pasti memberikan solusi dan jalan keluarnya, tergantung kita mau mencarinya atau tidak.
4. Duduklah tegak atau berdiri tegak, tarik nafas panjang, hembuskan perlahan sambil tersenyum tanpa syarat. Bayangkan kesegaran udara yang dihirup, hembusan, syukuri karena kita masih bisa menghirup udara segar yang merupakan nikmat yang luar biasa.
5. Dongakkanlah dagu anda keatas, tatap pemandangan diatas. Langkah ini dapat mengurangi sakit karena otot tegang akibat putus asa.
6. Kesusksesan bukan hanya materi. Materi memang penting dalam mengarungi hidup didunia, namun jangan jadikan tujuan utama.
7. Pasrahkan setiap masalah pada Tuhan. Pasrahkan semua permasalahan materi setelah anda berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya. Dengan kepasrahan akan memperoleh energi baru untuk meraih kesusksesan.
8. Kegagalan bukan akhir segalanya. Setiap kegagalan merupakan awal untuk meraih sebuah kesuksesan, karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda selama kita terus berusaha tanpa rasa putus asa.
9. Syukuri nikmat Tuhan yang kita terima. Jangan bandingkan apa yang anda peroleh dengan nikmat yang diperoleh orang lain yang bisa menimbulkan rasa iri, dengki dan semakin menyiksa diri sendiri.
10. Sharing permasalahan anda kepada orang-orang terdekat anda sehingga diterima saran untuk mencapai jalan keluar setiap masalah.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi putus asa yang banyak menghadapi kita semua sa’at ini, dari mulai pelajar yang gagal UAN, usaha yang bangkrut dan lain-lain. Percayalah setiap permasalahan akan mendapatkan jalan keluar dan merupakan ujian bagi kita agar nanti bila sukses terhadap ujian tersebut akan meningkatkan derajat hidup kita didunia dan diakhirat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s