10 Tanda Kesehatan yang Harus Diperhatikan

Tanda-tanda seperti sakit pada dada ataupun nyeri pada bagian perut yang hebat sudah diketahui sebagai tanda suatu penyakit tertentu & memerlukan penanganan medis segera. Tetapi selain itu ada beberapa tanda lain yang bisa jadi merupakan gejala penyakit serius & harus diperhatikan.
Tanda-tanda tersebut adalah :

1. Berat badan berkurang tanpa sebab yang jelas
Apabila berat badan turun tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, hal ini bisa jadi menandakan adanya masalah kesehatan. Apabila berat badan berkurang sebanyak 10 % dalam waktu 6 bulan terakhir (tanpa diet ataupun olahraga) sebaiknya konsultasi ke dokter. Penurunan berat badan tanpa ada penyebabnya bisa jadi merupakan pertanda adanya gangguan pada kelenjar tiroid (hipertiroidisme), gangguan pada hati, kanker, gangguan pada penyerapan makanan ataupun masalah depresi.

2. Demam tinggi yang menetap
Demam bukan merupakan penyakit tetapi merupakan tanda atau gejala dari suatu penyakit. Biasanya adanya demam merupakan pertanda bahwa tubuh sedang berperang melawan infeksi baik yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Bila demam sudah berlangsung selama lebih dari 3 hari, sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

3. Nafas pendek
Nafas pendek yang buakn disebabkan oleh hidung mampet ataupun olahraga, dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan. Apabila mengalami nafas yang berbunyi ataupun terengah-engah tanpa melakukan suatu aktifitas yang berat segeralah berkonsultasi ke dokter. Nafas pendek dapat disebabkan oleh penyakit paru-paru, bronchitis kronis, asma, pneumonia, adanya sumbatan pada pembuluh darah di paru-paru ataupun masalah kesehatan lain yang terjadi di jantung & paru-paru. Nafas pendek dapat juga disertai dengan serangan panic, akibat dari ketidak tenangan yang menyebabkan gejala fisik.

4. Perubahan pada kebiasaan BAB
Kebiasaan BAB yang normal dapat berbeda pada tiap orang, mulai dari 3x sehari sampai dengan 3 x seminggu dapat disebut normal. Yang pasti kenalilah kebiasaan BAB anda & konsultasikan ke dokter apabila mengalami hal-hal berikut :
– BAB disertai dengan darah
– Diare yang berlangsung selama seminggu
– Konstipasi yang terjadi lebih dari 3 minggu
– Adanya keinginan untuk terus BAB
– Feses yang berwarna kehitaman

Perubahan kebiasaan BAB dapat merupakan gejala adanya infeksi bakteri, virus ataupun parasit. Hal lain yang dapat menyebabkan perubahan BAB adalah kanker usus besar ataupun penyakit pada organ pencernaan.

5. Delirium
Delirium merupakan perubahan keadaan mental yang mendadak & membingungkan, misalnya dari kondisi lesu tiba-tiba menajdi agresif. Biasanya hal ini akan disadari oleh anggota keluarga atau teman dekat. Evaluasi kondisi medis sebaiknya segera dilakukan apabila mengalami hal-hal berikut ini :
– Kebingungan dalam berfikir
– Disorientasi pada waktu ataupun tempat
– Perubahan tingkah laku ataupun kepribadian yang mendadak, seperti berubah menjadi agresif
– Adanya masalah pada konsentrasi ataupun daya ingat

Perubahan pada pola piker ataupun tingkah laku ini dapat disebabkan oleh adanya penyakit infeksi, anemia, rendahnya kadar gula darah tubuh, kondisi psikiatrik ataupun karena pengaruh pengobatan.

6. Sakit kepala parah mendadak
Sakit kepala biasa dialami & umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi adanya sakit kepala yang parah & muncul tiba-tiba dapat menjadi pertanda suatu masalah kesehatan. Segera konsultasi ke dokter apabila mengalami :
– Sakit kepala parah mendadak yang rasanya seperti disambar petir
– Sakit kepala yang disertai dengan demam, leher yang kaku, kemerahan, bingung ataupun kejang
– Pola sakit kepala yang berubah pada usia diatas 55 tahun

Penyebab sakit kepala diatas bisa karena terjadi arteritis sementara, yaitu peradangan pada areri di daerah kulit kepala, otak & mata ataupun karena adanya tumor otak atau aneurisme.

7. Kelemahan mendadak, hilangnya penglihatan atau kemampuan berbicara
Jika mempunyai gejala seperti diatas, penanganan yang cepat sangat diperlukan bahkan hitungan menit dapat berarti. Tanda diatas merupakan peringatan terjadinya stroke atau serangan iskemik transien yang biasa disebut dengan stroke kecil. Segera cari pertolongan medis bila mengalami :
– Kelemahan mendadak ataupun mati rasa pada sebelah tubuh
– Penurunan penglihatan menjadi kabur atau hilang sama sekali secara mendadak
– Tidak dapat berbicara atau mengerti pembicaraan orang
– Pusing atau jatuh mendadak & sulit untuk berdiri tegak
– Sakit kepala mendadak

8. Kilatan cahaya
Timbulnya sensasi mendadak seperti melihat kilatan cahaya dapat menjadi pertanda adanya masalah pada retina mata. Pertolongan segera dapat membantu untuk mnghindari hilangnya penglihatan

9. Rasa penuh setiap makan walaupun sedikit
Rasa penuh ataupun kenyang bahkan jika hanya makan sedikit yang telah berlangsung lebih dari seminggu sebaiknya diperiksakan ke dokter. Tanda lain yang dapat menyertai adalah mual, muntah, kembung, demam serta berat abdan yang bertambah ataupun menurun. Penyebab dari kondisi diatas dapat karena gangguan lambung atau gangguan pada pencernaan.

10. Persendian yang memerah, membengkak & nyeri
Jika salah satu sendi mengalami hal tersebut bisa jadi merupakan pertanda adanya infeksi pada daerah sendi. Penyebab lainnya adalah penyakit gout ataupun arthritis.

(sumber : inernet)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s